Dari dulu hingga sekarang, saya memiliki suatu prinsip atau bisa juga disebut sebagai ideologi dalam hidup saya . Ideologi hidup saya tersebut adalah selalu berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan segala hal.  Saya selalu berpikir jika kita ingin berhasil dalam mencapai suatu tujuan, maka yang harus kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin.  Karena menurut saya, usaha yang maksimal tidak akan berbuah sia – sia. Setiap usaha yang kita lakukan pasti akan menghasilkan sesuatu.

Kita akan berhasil mencapai suatu tujuan asalkan ada doa, niat dan usaha yang maksimal. Asalkan kita mau berusaha, kita pasti bisa. Sebab pada dasarnya, manusia memiliki kemampuan dan kelebihannya masing – masing. Jika kita menggunakan kemampuan tersebut semaksimal mungkin, maka kita akan tiba pada pintu gerbang kesuksesan. 

Ketika semasa sekolah, saya ingin sekali menjadi juara kelas. Namun hal itu tidak pernah tercapai padahal saya sudahh berusaha. Pada waktu saya di kelas dua belas, saya menyadari bahwa usaha yang saya lakukan belum maksimal. Saya masih sering malas untuk belajar lebih giat dan juga saya selalu merasa tidak bisa bersaing dengan teman – teman saya lainnya. Lalu saya meningkatkan usaha saya menjadi semaksimal mungkin, dan juga berusaha menjadi lebih percaya diri. Dengan rahmat Tuhan juga di dalamnya sehingga pada akhirnya saya berhasil menjadi salah satu juara kelas.

Sejak saat itu, saya yakin dan percaya bahwa seseorang yang pekerja keras serta selalu berusaha maksimal mungkin akan dapat meraih tujuan dan cita – citanya. Tentunya tidak lupa juga dengan selalu bersyukur dan memohon kepada Tuhan. Jadi, lakukanlah yang terbaik pada setiap tugas dan kesempatan yang telah diberikan kepada kita. Karena jika kita tidak berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan suatu pekerjaan atau apapun, kita akan menyesalinya di kemudian hari. Let’s do the best !