A CRACKER

A CRACKER

Kita tentunya sering mendengar istilah tentang Hacker dan Cracker, banyak yang beranggapan mereka berdua ini adalah orang yang sama (kerabat). Tidak sedikit juga orang yang berprasangka, bahwa mereka berdua itu sebenarnya punya kegiatan dan tujuan yang sama. Begitu banyak kesimpangsiuran mengenai hal ini, berikut ini adalah pengertian mengenai hacker dan cracker.

 

  •  Hacker – Adalah orang yang sangat hobi, mahir, rajin, dan terampil mempelajari mengenai berbagai sistem operasi yang ada di komputer. Hacker ini senang mengotak-atik berbagai sistem operasi tersebut, dengan tujuan agar dia bisa mengkondisikan cara kerja dari sistem operasi ntu sesuai dengan keinginannnya.Kebanyakan para hacker ini adalah para programmer. Mereka memang tau dan sering menemukan berbagai kelemahan, cacat, dan kekurangan yang ada dalam setiap sistem operasi. Para hacker ini senang menggali dan mendalami berbagai hal yang menyangkut hal itu. Dan itu mereka lakukan dengan tujuan untuk memperdalam ilmu dan pengalaman. Mereka juga senang membagikan dan menyebarkan apa yang telah mereka telah mereka dapat dan temukan. Akan tetapi, pengetahuan yang mereka dapatkan ntu, tidak mereka tujukan untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kerusakan dan pengrusakan.
  •  Cracker – Adalah orang yang melakukan penyusupan, pengrusakan atau melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap integritas dari suatu sistem yang ada di remote mesin. Cracker biasanya melakukan pengambil alihan akses secara ilegal, mengambil dan menghancurkan data, atau hal-hal lain yang akan berakibat kerugian pada para korbannya. Para cracker ini biasanya bisa diidentifikasi dari kegiatan mereka yang ilegal.

Itulah tadi gambaran secara umum mengenai perbedaan antara hacker dan cracker. Tentu saja, gambaran ini masih terlalu kabur. Kita masih sulit melihat perbedaan dari keduanya.  Untuk itu, ada suatu metode untuk mnentukannya yang disebut metode Mens Rea. Mens Rea berasal dari bahasa Yunani, yang artinya Guilty Mind, dalam bahasa Indonesia berarti perasaan bersalah.